~JustSoSo~: ~MERKURIUS~

Kamis, 15 November 2012

~MERKURIUS~


1. Pengenalan Merkurius

Merkurius merupakan planet terkecil di Tata Surya. Planet ini adalah planet yang paling dekat dengan matahari sehingga suhunya mencapai 350º pada siang hari dan -170º malam hari. Pesawat yang pernah mendekatinya hanyalah Mariner10 tahun 1974-1975. Mirip dengan Bulan, Merkurius mempunyai banyak kawah dan juga tidak mempunyai satelit alami serta atmosfer. Merkurius mempunyai inti besi yang menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0.1% dari kekuatan medan magnet bumi. 

2. Ilustrasi Planet Merkurius1






 3. Ilustrasi Planet Merkurius2





4. Struktur Dalam Merkurius




Dengan diameter sebesar 4879 km, Merkurius adalah planet terkecil dari empat planet kebumian di Tata Surya. Mantel setebal 600 km menyelimuti inti Merkurius dan kerak dari Merkurius diduga setebal 100 sampai 200 km. Permukaan merkurius mempunyai banyak perbukitan yang kurus, beberapa mencapai ratusan kilometer panjangnya. Diduga perbukitan ini terbentuk karena inti dan mantel Merkurius mendingin dan menciut pada saat kerak sudah membatu. Merkurius juga mengandung besi lebih banyak dari planet lainnya di tata surya. 

5. Ternyata...


Pada Sore hari, Merkurius terlihat sebagai bintang sore tetapi cepat terbenam. Sedangkan pada Pagi hari, Merkurius terlihat sebagai bintang pagi, namun tidak berapa lama kemudian segera disusul dengan terbitnya matahari. 
Revolusinya hanya 88 hari dengan waktu 58 hari/jam. Planet ini juga menyeberangi matahari 3 kali dalam setahun yang disebut transit. Bila planet ini berada di balik bayangan matahari berarti sedang beroposisi, dan bila di depan matahari berarti planet itu sedang berkonjungsi. 

6. Ternyata Cookie Monster juga muncul di Planet Merkurius :O 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar