~JustSoSo~

Senin, 06 Agustus 2012


Pendapat SEJARAH menurut para ahli :

1. Herodotus : Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.


2. Ibnu Khaldun : Dalam bukunya yang berjudul “Mukadimah”, Ibnu Khaldun mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat.


3. W.J.S. Poerwadarminta : Dalam bukunya berjudul ” Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Poerwadarminta mengutarakan 3 pengertian. Yaitu:
-Sejarah adalah kesustraan lama, silsilah, dan asal-usul.
-Sejarah adalah kejadian dan perisiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
-Sejarah adalah ilmu pengetahuan tentang masa lampau.


4. Moh. Ali : Dalam bukunya ‘ Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia”, Moh. ali menegaskan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai berikut:
Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan disekitar kita.Cerita tentang perubahan, kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas.
Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan, kejadian, peristiwa yang merupakan realitas.


5.  G.R. Elton dan Henry Pirenne : Sejarah berdasarkan studi disiplin ilmu yang bersumber pada:
-Filologi (ilmu yang mempelajari tulisan dan bahasa pada naskah-naskah kuno; daun lontar, daluwang, kertas).
-Epigraf (ilmu yang mempelajari tulisan dan bahasa kuno pada batu, kayu, logam, dikenal sebagai prasasti),
-Arkeologi (ilmu yang mempelajari benda-benda peninggalan sejarah/artefak).


6. Sartono Kartodirdjo : Gambaran perkembangan dan kehidupan kebudayaan manusia.


7. Kuntowijoyo : Sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Bersift diakronis karena berhubungan dengan waktu. Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan, menceritakan sesuatu. Bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik. Selain itu juga bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.


8. Encarta : Sejarah adalah pada pengertiannya yang luas, totalitas dari semua kejadian masa lalu 


9. Aristotle : Sejarah merupakan satu sistem yang meneliti suatu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga Sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau bukti-bukti yang konkrit.


10. E.H. Carr dalam buku teksnya What is History : Sejarah adalah dialog yang tak pernah selesai antara masa sekarang dan lampau, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar